Belum Dikatakan Guru Milenial Kalau Belum Mengenal Aplikasi Pembuat Media Pembelajaran Interaktif

3 min read

Media pembelajaran interaktif sangat menarik dan dapat meningkatkan  keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Agar materi dapat dikomunikasikan secara efektif selama proses pembelajaran  dan  menarik perhatian siswa, guru yang cerdas perlu melakukan berbagai  persiapan dan mengasah kreativitasnya.

Guru-Milenial.png

Dalam mempersiapkan dan mengembangkan media pembelajaran, guru yang bijak harus selalu mempertimbangkan apakah media yang dihasilkan sesuai dengan materi dan karakteristiknya. Di masa pandemi saat ini dan terbatasnya kegiatan belajar tatap muka, media pembelajaran  interaktif sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran. Contoh media pembelajaran yang sedang populer  saat ini adalah media interaktif berupa video pembelajaran. 

Aplikasi membuat video pembelajaran saat ini sangat mudah ditemukan. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Aplikasi membuat video pembelajaran gratis biasanya memiliki fitur yang tidak selengkap aplikasi membuat video pembelajaran berbayar. Meskipun demikian, Guru Pintar tetap dapat memanfaatkannya untuk membuat video pembelajaran yang menarik dan interaktif. 

Berikut ada beberapa daftar aplikasi dan software yang dapat Guru Pintar gunakan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran. 

1. Kinemaster 

 Aplikasi membuat video pembelajaran yang pertama adalah Kinemaster. Aplikasi edit video ini terbilang cukup populer tidak hanya di kalangan guru, tetapi juga di kalangan siswa. Tidak hanya kalangan pendidikan, Kinemaster juga banyak dimanfaatkan oleh para youtuber, editor video, bahkan musisi untuk mengedit dan mengolah video mereka agar lebih menarik. Cara membuat video pembelajaran dengan aplikasi ini cukup mudah. Tutorial-tutorial bagaimana membuat video dengan aplikasi Kinemaster juga banyak tersebar di dunia maya. Hal ini memudahkan Guru Pintar untuk memproduksi video pembelajaran yang berkualitas dan menarik perhatian siswa tentunya. 

 2. Toontastic 

Membuat video edukasi yang menarik juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi toontastic. Toontastic adalah sebuah aplikasi pembuat video berbasis animasi yang dipopulerkan oleh Google. Cara membuat video pembelajaran di hp dengan aplikasi ini terbilang mudah.

Guru Pintar dapat memilih latar/background, karakter dalam bentuk animasi, melakukan pengisian suara, dan juga memberikan efek suara yang ingin dihasilkan menggunakan toontastic. Kelebihan dari aplikasi toontastic adalah aplikasi ini dapat di download melalui HP baik itu android maupun IOS secara gratis. Dan hebatnya lagi, Toontastic dapat dipakai secara offline. 

3. FilmoraGo 

 Sama halnya dengan aplikasi Kinemaster, aplikasi untuk membuat video pembelajaran FilmoraGo ini juga cukup familiar di kalangan editor video. Berbagai fitur menarik tersedia dalam aplikasi ini dan dapat Guru Pintar manfaatkan untuk membuat video dengan tampilan materi pembelajaran yang menarik saat di tayangkan. Dengan aplikasi FilmoraGo ini, Guru Pintar bisa membuat, mengedit dan mengolah video dengan menambahkan berbagai musik dan efek sehingga ketika nanti ditampilkan akan menjadi lebih menarik dan berwarna. 

4. YouCut 

YouCut adalah aplikasi editor video & video maker. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang harus Guru Pintar coba. Meskipun Guru Pintar adalah seorang pemula dalam bidang pembuatan video, aplikasi ini tidak akan mengalami kesulitan dalam mengedit video. 

Aplikasi YouCut ini memungkinkan Guru Pintar untuk menggabungkan beberapa foto, memotong, mengedit dan menambahkan berbagai efek dan suara latar menjadi sebuah bentuk video baru yang menarik.

5. Powtoon

Aplikasi Powtoon adalah sebuah pelaksanaan buat presentasi & menciptakan video animasi interaktif. Pengajar Pintar bisa memakai pelaksanaan ini buat kebutuhan media pembelajaran misalnya presentasi, video animasi, infografis bergerak, & lainnya. Dengan memakai pelaksanaan ini, penerangan konsep materi akan lebih gampang ditangkap siswa. Aplikasi Powtoon mempunyai banyak sekali fitur & template yg akan membantu memudahkan proses pembuatan media pembelajaran. Pengajar Pintar bisa menambahkan character, text effect, animation, link, background, & lain sebagainya. Selain itu, Pengajar Pintar pula bisa menggerakan karakter & teks sinkron kebutuhan menggunakan hanya menentukan effect & pose yg tersedia. 

 6. Sparkol VideoScribe

Aplikasi menciptakan video animasi pembelajaran yg keenam merupakan Sparkol Video Scribe. Aplikasi ini adalah aplikasi presentasi video whiteboard menggunakan memakai animasi goresan pena tangan menggunakan latar belakang misalnya papan tulis. Sparkol videoscribe bisa sebagai indera pengembangan media pembelajaran yg interaktif lantaran mempunyai kombinasi animasi & template yg menarik. Pengajar Pintar bisa memakai aplikasi ini secara online melalui videoscribe.co juga secara offline. Sayangnya, buat penggunaan perdeo Pengajar Pintar hanya mempunyai ketika percobaan selama 30 hari. Setelah itu Pengajar Pintar wajib  memakai versi Sparkol VideoScribe yg berbayar. 

7. Wondershare Filmora

Wondershare Filmora merupakan pelaksanaan editing video yg gampang dipakai bagi pemula sekalipun. Meskipun demikian, pelaksanaan ini mempunyai fitur yg lengkap. Pengajar Pintar bisa memakai pelaksanaan ini buat mengedit media video pembelajaran yg nir hanya interaktif & menarik, namun pula sempurna sasaran. 

Aplikasi ini mempunyai banyak sekali template, imbas animasi dan transisi yg keren, menarik, & bisa dipakai secara perdeo. Tampilannya yg sederhana menciptakan pelaksanaan ini gampang dipakai. Output video yg didapatkan pula telah mendukung banyak sekali format. Aplikasi ini pula tersedia pada versi berbayar menggunakan fitur-fitur yg lebih keren tentunya. Pengajar Pintar bisa mengakses & mengunduh pelaksanaan ini melalui filmora.wondershare.com. 

Demikian  Aplikasi Pembuat Media Pembelajaran Interaktif bagi para guru milenial generasi era baru.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share