Urutan Harga Prosesor AMD Lengkap Dengan Harga Terbaru 2022

"Urutan Harga Prosesor AMD Lengkap Dengan Harga Terbaru 2022"

5 min read

Di tahun Di tahun 2022 ini, AMD mencoba untuk bangkit kembali dan memasuki persaingan yang panas di industri prosesor komputer dengan merilis Ryzen. Rangkaian prosesor ini menawarkan Anda pilihan yang sangat beragam apakah Anda mencari yang paling 'menakutkan', termurah dan banyak variasi di antaranya. Pada artikel ini, kita akan membahas urutan prosesor AMD berdasarkan anggaran Anda.

Urutan Harga Prosesor AMD Lengkap Dengan Harga Terbaru 2022
Prosesor AMD Ryzen

Sebelum masuk ke pembahasan, perlu diketahui bahwa pada bagian ini kami hanya akan menyebutkan prosesor buatan AMD. Anda juga dapat membandingkan prosesor yang disebutkan di sini dengan prosesor produksi Intel. Namun jika Anda adalah penggemar setia AMD, berikut adalah daftar prosesor terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Prosesor AMD Low Class: Ryzen 3 2200G (Rp1.905.000)

Produk AMD dengan APU (Accelerated Processing Units) tidak tertandingi dalam hal perangkat keras gaming kelas menengah. Namun, Ryzen generasi terbaru dengan APU Vega sudah tidak bisa diprediksi lagi.

Dari pengujian oleh Digital Trends, produk ini mungkin tidak akan menggantikan prosesor nyata dengan kartu grafis khusus dalam waktu dekat, terutama jika Anda ingin memainkan game terbaru. Namun jika Anda ingin merakit komputer yang ramah kantong, atau jika casing PC Anda tidak memiliki tempat untuk memasang kartu grafis, Ryzen 3 2200G ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Prosesor ini memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan prosesor grafis Intel UHD 620 dan dapat bersaing kuat dengan CPU Ryzen nyata seperti 1300X. Untuk segmen harga di kisaran 1,5 jutaan, prosesor ini bisa menjalankan game low-end berupa GPU Vega, atau jika membutuhkan rakitan komputer sederhana, bisa menjadi pilihan yang sesuai dengan tambahan suplai.

Prosesor AMD Middle Class: Ryzen 5 3600X (Rp3.550.000)

Di segmen harga menengah, persaingan prosesor saat ini sangat kompetitif, karena Anda akan disuguhi berbagai macam pilihan. Namun demikian, dari semua prosesor yang tersedia, kami merekomendasikan Ryzen 5 3600X, yang tidak hanya yang paling terjangkau, tetapi juga prosesor yang paling efisien dibandingkan dengan para pesaingnya.

Setelah AMD memperkenalkan seri mid-range dengan desain hexa-core, Intel merancang prosesor utamanya dengan lebih dari 4 core.
Untuk seri Zen 2 ini, AMD masih mengusung desain 6 core dan 12 thread. Anda mendapatkan 12 utas dengan enam inti untuk dukungan penuh untuk multi-utas.

Selain itu, frekuensi prosesor ini tidak dapat diperkirakan pada clock senyap 3,8 GHz dan dapat ditingkatkan menjadi 4,4 GHz bila diperlukan.

Prosesor AMD High Class: Ryzen 7 3800X (Rp4.356.000)

Ryzen 7 3800X dilengkapi dengan delapan inti dan untungnya, prosesor ini memiliki total 16 utas untuk digunakan. Hal ini membuat prosesor ini berkinerja luar biasa untuk multitasking atau aplikasi yang mungkin menggunakan lebih banyak utas. Prosesor ini memungkinkan Anda merasakan perbedaan besar saat menyandikan atau mengedit video.

Series 3800X mungkin juga merupakan prosesor game yang hebat, tetapi tidak sekuat beberapa penawaran Intel.

Performa yang dicapai prosesor ini pada dasarnya luar biasa dengan base clock 3,9 GHz dan saat dibutuhkan bisa ditingkatkan menjadi 4,5 GHz dan bisa ditingkatkan lagi sebesar 100 MHz dari fitur XFR.

Jika Anda menginginkan opsi yang sedikit lebih murah, Anda dapat membeli Ryzen 7 3700X dengan harga sekitar Rp3.750.000. Jika Anda bisa meng-overclock prosesor ini, performa yang akan Anda dapatkan tidak akan jauh berbeda dengan 3800X.

Prosesor Ultra High End: Ryzen Threadripper 2990WX (Rp29.680.742)

Prosesor yang satu ini memang pantas mendapatkan mahkota di jajaran prosesor Ryzen. Sorotan dari seri ini adalah Ryzen Threadripper 2990WX yang sangat bertenaga. Jika Anda membutuhkan kinerja asinkron, terutama untuk menjalankan aplikasi multi-threaded, maka ini mungkin merupakan pilihan prosesor yang paling tepat.

Hadir dengan harga lebih rendah dari pesaingnya, 2990WX dilengkapi dengan 32 core dan 64 thread. Ini membuatnya sangat berkinerja untuk banyak tugas, bahkan dalam aplikasi berat. Berdasarkan kecepatan 3,0 GHz, prosesor ini dapat meningkatkan hingga 4,2 GHz dengan XFR. Tidak terlalu cepat?

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share