2 Cara Mengaktifkan Hibernate di Windows 10 dengan Mudah dan Cepat

"Hibernate adalah kombinasi dari mode shutdown dan sleep. Saat Anda memberi tahu PC untuk Hibernasi, semua aplikasi dan file yang terbuka tetap aman"

2 min read

Sistem operasi Windows 10 yang dikembangkan oleh Microsoft telah menjadi sistem operasi paling populer untuk perangkat komputer. Hibernate adalah salah satu fitur penting yang tidak disadari banyak pengguna. Untuk itu, berikut beberapa petunjuk cara mengaktifkan mode Hibernate ini.

Kita biasanya menutup semua file dan program sebelum mematikan PC atau laptop. Bahkan, di beberapa versi Windows, Microsoft telah menyediakan kemampuan untuk menggunakan Sleep dan Hibernate selain menggunakan mode Shut down.

Hibernate atau Hibernasi adalah fitur hemat daya yang memungkinkan pengguna mematikan perangkat tetapi menyimpan aktivitas kita.

Apa itu Hibernasi?

Sebenarnya mode Hibernate adalah kombinasi dari mode shutdown dan sleep. Saat Anda memberi tahu PC untuk Hibernasi, semua aplikasi dan file yang terbuka tetap aman saat PC mati sendiri. Jika kita menghidupkan kembali PC, Anda dapat melanjutkan semua aktivitas sebelumnya tanpa memulai dari awal.

Sekilas, fitur ini mirip dengan mode tidur, tetapi ada beberapa perbedaan di mana mode tidur menyimpan aktivitas di RAM, fitur Hibernate menyimpannya di hard drive, yang memungkinkan pengguna untuk mematikan sistem sepenuhnya.

Selain itu, mode Hibernate ini tidak menggunakan daya apapun, hanya membutuhkan waktu yang lama untuk restart.

Bagaimana cara menambahkan mode hibernasi di panel kontrol

Salah satu cara untuk menambahkan opsi Hibernate ke menu Start di Windows 10 adalah melalui Control Panel. Berikut adalah panduannya.

  1. Untuk mengaktifkan mode Hibernate, buka menu Start dan kemudian Power .
  2. Klik pada kotak pencarian dan ketik power . Kemudian klik pada Panel Kontrol Opsi Daya.
  3. Kemudian buka panel kontrol , pilih apa yang dilakukan tombol daya di panel kiri.
  4. Lalu ketuk Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia di bagian atas layar.
  5. Sekarang gulir ke bawah ke opsi Pengaturan Shutdown lalu klik pada kotak centang Tidur lalu klik tombol Simpan perubahan .
  6. Sekarang coba buka menu, start , maka Anda akan menemukan power dan options, sleep .

Cara Mengaktifkan Hibernate Lewat Registry Editor

Jika komputer Windows 10 Anda tidak memiliki opsi Hibernate, Anda dapat mengaktifkannya dengan mengedit registri. Meskipun ada banyak metode untuk melakukan ini, berikut adalah panduan yang menjelaskan cara mengaktifkan mode Hibernate di Windows 10 menggunakan Registry Editor.

  1. Buka Windows Registry Editor di PC Anda. Caranya, klik menu Start dan cari Regedit dan pilih opsi pertama dari hasil.
  2. Selanjutnya, di Registry Editor, pilih HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControlPower .
  3. Di panel kanan, klik dua kali string berlabel Hibernate Enabled. .
  4. Selanjutnya, ubah nilainya menjadi 0 . 1 Jika Anda ingin mengaktifkan opsi Hibernate di Windows 10. Ubah nilainya dari 1 menjadi 0 untuk menonaktifkan.
  5. Setelah selesai, klik tombol OK dan kemudian restart komputer Anda untuk menyimpan perubahan yang dibuat.
  6. Sekarang, ketika komputer mulai, Anda akan memiliki opsi untuk mengalihkan sistem ke mode Hibernasi dengan mengklik tombol daya. Perhatikan bahwa mengaktifkan opsi ini membutuhkan beberapa ruang pada drive sistem Anda.

Kata terakhir

Di Windows 10, Microsoft memutuskan untuk tidak menyertakan mode Hibernate di opsi Start - Power secara default. Tetapi kabar baiknya adalah kita dapat menambahkan mode ini ke opsi yang disebutkan sebelumnya.

Anda harus mengaktifkannya secara manual, dengan yang dijelaskan di atas, akan mudah bagi Anda untuk menambahkan opsi Hibernate ini di PC atau laptop berbasis Windows 10 Anda dengan dua metode.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share