🎯 Vote Logo IKN (Ibu Kota Nusantara), Berhadiah Motor Listrik dari Presiden RI

3 min read

Vote Logo IKN (Ibu Kota Nusantara), Berhadiah Motor Listrik dari Presiden RI

OIKN mengundang partisipasi masyarakat untuk memilih logo IKN dan berpeluang memenangkan motor listrik yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi bagi 10 orang beruntung.


Ada kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan pemilihan logo IKN melalui situs web https://pilihlogoikn.telkomsel.com, mulai dari 4 April hingga 20 Mei 2023. Ada lima opsi logo yang tersedia untuk dipilih oleh masyarakat.


Sayembara desain logo baru ini diselenggarakan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bekerja sama dengan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.


Lebih dari 500 desainer dari seluruh Indonesia berpartisipasi dalam sayembara ini pada tahap awal. Kemudian, para ahli dari ADGI memilih 10 desainer finalis yang berhak membuat desain logo baru Ibu Kota Nusantara.


Desainer yang ingin lolos seleksi tahap awal harus memenuhi beberapa kriteria, seperti memiliki pengalaman minimal 10 tahun sebagai desainer grafis profesional dan berpengalaman dalam mengerjakan proyek identitas visual.


Setelah diseleksi oleh dewan kurator ADGI, 10 desainer finalis dipilih. Karya mereka kemudian diajukan oleh OIKN kepada Presiden RI untuk dipilih menjadi 5 logo IKN yang akan diumumkan ke masyarakat.


5 Logo IKN Terpilih

Berikut adalah lima logo yang diumumkan:

  1. Logo Desain Modular - Dirancang oleh Agra Satria, pendiri dan direktur kreatif MATA Studio, seorang lulusan DKV ITB dan Master in Visual Branding Design Domus Academy Italy. Target waktu penyelesaian Ibu Kota Baru adalah 8 bulan lagi.

  2. Pohon Hayat Nusantara - Dibuat oleh Aulia Akbar, desainer grafis yang tinggal di Bandung dan co-founder POT Branding House. Dia lulus dari ITENAS.

  3. Logo Sirkular - Dibuat oleh Dimas Fakhruddin, seorang desainer grafis profesional dari Malang, Jawa Timur, yang merupakan pendiri Yumakiso Studio.

  4. Ikon Rumah - Dibuat oleh Ismiaji Cahyono, kepala Studio desain SUNvisual dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Dia lulus dari DKV ITB dan program master di the school of the art Chicago melalui beasiswa Fulbright.

  5. Merangkai Masa Lalu untuk Masa Depan - Dibuat oleh Wildan Ilham, co-founder workbyw dan konsultan merek di Jakarta. Karyanya telah dipublikasikan di berbagai media internasional seperti The Dieline dan Brand Magazine Hong Kong.

Cara voting logo IKN

Untuk melakukan voting logo IKN, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka link voting logo IKN di https://pilihlogoikn.telkomsel.com/
  2. Klik opsi "Pilih Logo".
  3. Pilih salah satu dari lima opsi logo yang menurut Anda paling sesuai. Kemudian, masukkan nomor telepon aktif dan asal provinsi.
  4. Masukkan kode OTP yang akan dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon tersebut untuk memverifikasi pilihan Anda.
  5. Jika kode OTP yang dimasukkan benar, maka pilihan Anda akan tercatat dalam voting logo IKN. Anda juga dapat membagikan pilihan tersebut di media sosial.

Pengumuman Pemenang Vote

Desainer yang karyanya memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan akan diumumkan sebagai logo resmi Ibu Kota Nusantara. Pemenang akan diberikan hadiah sebesar 185 juta rupiah. Selain itu, sepuluh pemilih beruntung akan memenangkan hadiah berupa motor listrik yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo yang nantinya akan dihubungi melalui nomor telepon yang didaftarkan pada saat vote.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share