√ Solusi Cara Mengatasi “Can’t Connect to this Network” WiFi Windows

21 min read

Cara Mengatasi “Can’t Connect to this Network” WiFi Windows
Can’t Connect to this Network
Di era digital global ini, internet telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang tak tergantikan. Baik untuk pengguna smartphone, komputer, laptop atau perangkat sejenis lainnya yang membutuhkan koneksi internet.

Namun, dalam beberapa kasus, ketika Anda mencoba Laptop mengalami masalah atau macet saat menyambung ke jaringan WiFi/Hotspot. Salah satunya adalah pesan kesalahan "Can’t connect to this Network". Jadi Anda tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi.

Ada banyak alasan kenapa muncul pesan error saat mencoba menggunakan jaringan WiFi atau hotspot. Misalnya, ada kesalahan konfigurasi, masalah driver, atau akses terbatas ke WiFi yang dimaksud.

Masalah ini sering ditemukan pada pengguna Windows 10. Tetapi Sistem lain seperti Windows 7 atau 8 mungkin mengalami kesalahan yang sama. Untuk informasi lebih lanjut tentang masalah komputer / laptop tidak terhubung ke WiFi, lihat penyebab dan solusi di bawah ini.

Apa penyebab utama wifi tidak terhubung?

Tidak ada yang tahu penyebab utama wifi yang tidak terhubung. Dengan mempertimbangkan bahwa masalah ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti adaptor WiFi yang bermasalah, gangguan pengalaman ISP dan banyak lagi.

Penyebab Muncul "Can’t connect to this Network"

Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa pesan kesalahan Tidak dapat terhubung ke jaringan ini muncul saat mencoba mengakses jaringan WiFi/Hotspot. Kesalahan ini mungkin karena masalah kesalahan dengan komputer / laptop itu sendiri atau mungkin karena masalah ISP. Lihat detail lengkapnya di bawah.

  • Koneksi WiFi/Hotspot dibatasi. Dalam beberapa kasus, masalah ini mungkin muncul karena penyedia WiFi/Hotspot membatasi koneksi antar perangkat. Hal ini tidak mengherankan, mengingat beberapa file Wii tidak dimaksudkan untuk digunakan oleh masyarakat umum.

  • Adaptor WiFi dinonaktifkan.. Alasan lain mungkin karena adaptor WiFi Anda dinonaktifkan. Jadi, untuk mengonfirmasi, silakan periksa perilaku koneksi jaringan.

  • Driver jaringan tidak diinstal, hilang atau error. Ketika ada masalah dengan driver jaringan di laptop Anda, jangan heran jika nanti Anda mengalami banyak masalah saat menggunakan jaringan WiFi. Yang pasti, Anda dapat memeriksa melalui Device Manager.

  • ISP bermasalah/terjadi gangguan. Masalah dengan WiFi tidak hanya disebabkan oleh kegagalan perangkat komputer/laptop. Kemungkinan besar, pesan error tersebut muncul karena ISP sedang mengalami masalah/error. Anda dapat menghubungi teknisi ISP terkait mengenai hal ini.

  • Kesalahan konfigurasi jaringan. Mungkin ada kesalahan dalam pengaturan jaringan seperti pengaturan proxy, alamat IP (Internet Protocol) dan sebagainya. Atau bisa juga karena ada beberapa pengaturan default jaringan yang telah Anda ubah atau ubah yang mencegah WiFi terhubung.

Bagaimana mengatasi "Can’t connect to this Network"?

Terlepas dari alasan mengapa pesan "Can’t connect to this Network" muncul saat Anda masuk ke WiFi ini, ada beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya. Misalnya restart komputer/laptop, restart adaptor WiFi, menghubungkan kembali jaringan WiFi, reset pengaturan jaringan.

1. Restart PC/Laptop Anda

Hidupkan Kembali komputer Anda

Ketika Anda mengalami masalah dengan tidak dapat terhubung ke WiFi, jangan buru-buru mengubah pengaturan jaringan komputer Anda. mengingat Masalah ini hanya dapat disebabkan oleh layanan sistem yang tidak berfungsi atau bertabrakan. Seperti yang saya alami beberapa minggu yang lalu, dimana laptop saya tidak bisa konek ke wifi. Bahkan jika Anda tidak memiliki masalah dengan driver atau jaringan internet. Bahkan pada saat yang sama, perangkat teman saya dapat terhubung.

Jadi saya sarankan Anda mencoba me-restart komputer / laptop Anda terlebih dahulu untuk memeriksa seperti apa hasilnya. Tentu saja, metode ini sederhana. bahkan jika Dalam beberapa kasus, menghidupkan ulang dapat memperbaiki masalah WiFi..

2. Pastikan penyedia WiFi tidak membatasi perangkat

Ini adalah solusi kedua. Pastikan penyedia WiFi/Hotspot tidak membatasi perangkat. untuk apa Terkadang pesan error tidak dapat terhubung ke jaringan ini biasanya muncul ketika penyedia WiFi/Hotspot membatasi koneksi antar perangkat. Hal ini dilakukan agar perangkat yang terhubung tidak terlalu banyak, untuk mengurangi koneksi internet yang lemot atau lemot.

Namun situasi seperti itu jarang terjadi kecuali di kafe, kantor, mall atau mungkin teman Anda yang menyetel WiFi hanya untuk beberapa pengguna (bukan publik). Misalnya hanya untuk pekerja kantoran, pekerja warnet atau pengguna resmi serupa.

3. Periksa status ISP Router yang digunakan / Restart Router/Modem

Langkah selanjutnya adalah memeriksaApakah penyedia layanan internet yang Anda gunakan sedang terputus atau tidak?"Masalah Wi-Fi tidak selalu disebabkan oleh komputer/laptop Anda. Kesalahan ini mungkin karena penyedia Internet sedang down.

Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah penyedia memiliki masalah atau tidak. Misalnya mengecek menggunakan perangkat lain (smartphone/tablet), menanyakan pengguna yang menggunakan provider yang sama, atau menghubungi provider secara langsung.

Selain memverifikasi konfigurasi adaptor dan laptop, itu juga merupakan ide yang baik untuk memeriksa modem atau router yang dimilikinya.

Kiat -kiat ini dapat Anda lakukan jika wifi sendiri, bukan wifi publik. Tetapi untuk menentukan apakah router Anda memiliki masalah, cobalah untuk cek perangkat lain yang juga terhubung ke WiFi.

Apakah mereka mengalami masalah yang sama atau tidak? Jika Anda mengalami hal yang sama, maka memang benar bahwa router memiliki masalah. Untuk itu, lakukan untuk restart/reset kembali router atau mencabut ulang stop kontak.

  1. Cobalah untuk mematikan router dan cabut stop kontaknya
  2. Diamkan selama beberapa saat dan kemudian terhubung lagi.
  3. Coba hubungkan ke komputer / komputer laptop yang Anda gunakan.
  4. Dengan keberuntungan, nantinya dapat dihubungkan dengan baik dan dapat digunakan untuk mengakses internet.
  5. Selesai.

4. Periksa penghemat daya di WiFi

Penghemat daya WiFi

Kemudian, periksa Pengaturan hemat daya pada adaptor WiFi Anda dinonaktifkan.. Mengapa ini perlu? Karena fitur hemat daya pada WiFi berfungsi untuk mematikan WiFi saat baterai laptop hampir habis. Sehingga dapat menyebabkan kegagalan saat menghubungkan ke WiFi.

  1. Pencarian pertama dan buka Control Panel Pilih Pencarian Windows » Jaringan dan Internet.

  2. Klik berikutnya Jaringan dan pusat Berbagi » Lalu ketuk Ubah pengaturan adaptor.

  3. Jika sudah, klik kanan Adaptor Wi-Fi "Memilih Properti » Klik Konfigurasikan.

  4. Kemudian klik tab Manajemen daya » Tangkap deskripsi »Izinkan komputer untuk mematikan layanan ini untuk menghemat daya” lalu ketuk. baiklah.

  5. Setelah itu, restart perangkat untuk melihat hasilnya.

  6. Selesai.

5. Restart Adaptor WiFi

Mulai ulang adaptor WiFi

Selanjutnya adalah melakukan Mulai ulang adaptor WiFi. Tampaknya mudah dan praktis untuk melakukan ini, tetapi dengan metode ini dimungkinkan untuk menyelesaikan masalah tidak dapat terhubung ke jaringan ini di Windows. Jadi, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaikinya.

  1. Pencarian pertama dan buka Control Panel Pilih Pencarian Windows » Network and Internet.

  2. Klik berikutnya Network Connection » Lalu ketuk Change Adaptor Options

  3. Jika sudah, klik kanan Adaptor Wi-Fi "Memilih Disable.

  4. Tunggu sebentar » lalu klik kanan di adaptor WiFi » Lalu ketuk Enable.

  5. Setelah itu, coba sambungkan kembali ke jaringan WiFi yang Anda inginkan.

  6. Selesai.

6. Coba Sambungkan Kembali Jaringan WiFi

Jika cara sebelumnya masih tidak menyelesaikan masalah WiFi adalah langkah selanjutnya. Hubungkan ke jaringan WiFi. Cara ini bekerja dengan mengaktifkan mode pesawat selama jangka waktu tertentu, lalu mematikannya. Setelah itu, lanjutkan dengan forget wifi yang terhubung. Ini dilakukan dengan memperbarui preferensi jaringan WiFi.

Cara Aktifkan mode pesawat

Gunakan Windows dalam mode pesawat
  1. Klik dulu ikon jaringan WiFi Di bilah taskbar.

  2. Selanjutnya, klik Properties Mode pesawat untuk sementara.

  3. Kemudian matikan kembali fitur tersebut.

  4. Selesai.

Cara Forget jaringan WiFi

Lupakan jaringan WiFi Windows
  1. Setelah itu, klik Ikon jaringan Di bilah tugas laptop Anda.

  2. Kemudian klik kanan pada jaringan WiFi » Pilih Forget.

  3. Jika demikian, coba sambungkan kembali ke jaringan WiFi.

  4. Selesai.

Catatan Dalam hal ini, pastikan tombol WiFi di laptop Anda berfungsi.

7. Muat Ulang (Reset) Pengaturan Jaringan

Reset jaringan Windows

Maka Anda juga bisa Mulai ulang jaringan jika perlu. Mengaktifkan fitur ini akan menghapus semua preferensi jaringan yang ditetapkan sebelumnya dan menginstal ulang komponen adaptor jaringan. Untuk melakukan ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama klik pada ikon Start menu Di bilah taskbar laptop Anda.

  2. Berikutnya klik Setting" lalu pilihlah Network and Internet »

  3. Jika demikian, gulir ke bawah dan klik Network Reset» Lalu ketuk Reboot Now.

  4. Lalu ketuk Ya Untuk memastikan reset jaringan.

  5. Setelah itu restart komputer/laptop anda.

  6. Selesai.

8. Jalankan Network Throubleshooter

Jalankan Network Throubleshooter

Selain beberapa metode yang disebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakannya Jalankan Network Throubleshooter. Untuk mengatasi pesan kesalahan "Tidak dapat terhubung ke jaringan ini" di laptop Anda.

Fitur ini digunakan untuk melakukan diagnosa dan perbaikan jika terjadi masalah jaringan pada perangkat komputer/laptop Anda. Biasanya, setelah proses perbaikan selesai, Anda dapat melihat di mana letak masalah jaringan WiFi.

Meski cara ini tidak menjamin kesuksesan, tidak ada salahnya untuk mencoba.

  1. Pertama klik pada ikon Start menu Di bilah taskbar laptop Anda.

  2. Klik berikutnya Setting "lalu pilihlah Jaringan dan Internet ».

  3. Gulir kebaawah dan pilih Network Throubleshooter.

  4. Tunggu sebentar sampai diagnosa jaringan selesai di deteksi. Selanjutnya akan ada informasi pemecahan masalah yang akan di infokan disana.

Kesimpulan

Penampilan pesan kesalahan yang mengatakan "Can’t Connect to this Network" sangat menjengkelkan. Hal semacam ini sangat menjengkelkan. Tetapi dengan beberapa tips yang telah kami jelaskan di atas, kami berharap masalah WiFi dapat diselesaikan dengan cepat dan baik.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang harus in formasikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan semoga berhasil!

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share