√ Cara Menyambungkan WiFi di Komputer PC Tanpa Kabel LAN Layaknya Laptop

2 min read

Cara Menyambungkan WiFi di Komputer PC Tanpa Kabel LAN
Secara default, komputer tidak memiliki WiFi Internet dan hanya memiliki slot kabel LAN untuk terhubung ke Internet. Berbeda dengan laptop karena laptop memiliki fitur yang lengkap seperti smartphone dan bisa dibawa kemana-mana, sehingga laptop memiliki fitur built-in Wi-Fi.

Apakah mungkin untuk menghubungkan komputer seperti laptop ke wifi tanpa kabel LAN? Jawabannya ya, karena fungsi dari modem wifi adalah untuk menangkap sinyal wifi. Modem wifi berfungsi seperti laptop tetapi perlu dicolokkan melalui USB sebagai modem.

Modem wifi ini bisa digunakan jika wifi di laptop rusak, saya mencoba ini dengan laptop teman saya yang mengalami kerusakan hardware wifi dan berfungsi dengan baik.

Pertama kali kami menggunakan modem wifi adalah ketika kami berada di kampus karena tidak ada kabel LAN untuk komputer kampus, jadi kami mencari cara untuk terhubung ke wifi dan menemukan modem wifi untuk komputer.

Table of Contents

Bagaimana menghubungkan WiFi ke Komputer dengan adaptor WiFi

Untuk menghubungkan PC ke WiFi nirkabel, Anda harus terlebih dahulu membeli adaptor WiFi yang saya jelaskan di atas. Harganya sangat murah, ada yang kurang dari 100 ribu atau lebih, Anda bisa membelinya secara online atau langsung di toko komputer. Berikut adalah daftar adaptor wifi yang dapat Anda pilih:

  1. TP-LINK Nano TL-WN 725N
  2. TP-LINK TL-WN823N
  3. TP-LINK USB WIFI TL-WN722N
  4. TP-LINK TL-WN821N
  5. TP-LINK USB WIFI TL-WN727N

Mengapa kami semua merekomendasikan Tp-Link? Produk ini kualitas bagus dan kuat jadi punya saya sudah 5 tahun pakai dan alhamdulillah masih bagus tanpa kendala.

Selain kualitas, harga yang wajar, tetapi ada juga beberapa versi mahal dengan fitur-fitur canggih. Tapi Anda bisa mendapatkan adaptor wifi berkualitas baik hanya dengan 100 ribu.

Cara memasang adaptor WiFi ke komputer

  1. Colokkan adaptor WiFi yang Anda beli.
  2. Kemudian instal driver yang disediakan di dalam box adaptor yang di beli.
  3. Setelah penginstalan driver selesai, jaringan Wi-Fi yang dapat Anda sambungkan akan ditampilkan.
  4. Untuk terhubung ke wifi, silakan klik ikon wifi di sebelah kanan, lalu temukan wifi yang ingin Anda sambungkan, lalu tekan tombol sambungkan (jika wifi memiliki kata sandi, masukkan kata sandi).
  5. Selesai.

Dengan cara di atas, Anda tidak perlu memasang kabel LAN untuk komputer, jadi kabel seperti laptop lebih praktis. Sesuaikan kapasitas modem yang digunakan untuk mentransmisikan jaringan wifi untuk jarak. Jika Anda ingin duduk di luar ruangan, Anda dapat menggunakan kabel USB untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Penutup

Adaptor WiFi diperlukan agar komputer dapat terhubung ke WiFi tanpa menggunakan kabel LAN. Agar wifi adapter bisa digunakan harus install drivernya terlebih dahulu, jika driver bawaannya hilang bisa di download di internet banyak yang menawarkan atau langsung kunjungi website resminya.

Demikian share cara menyambungkan wifi ke komputer tanpa kabel LAN, jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke media sosial agar lebih banyak orang yang tahu dan belajar disini. terima kasih.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share