Macam Macam Perangkat Output Komputer dan Fungsinya

"Macam Macam Perangkat Output Komputer dan Fungsinya 1. Speaker 2. Monitor 3. Printer 4. Plotter 5. Scanner"

8 min read

Komputer adalah perangkat elektronik yang terdiri dari satu kesatuan. Kesatuan dalam sebuah komputer meliputi input, processing, dan output, artinya komputer menerima input dari luar, kemudian memprosesnya dengan CPU dan menghasilkan output. Output komputer dapat dibaca oleh pengguna komputer melalui perangkat output atau dikenal sebagai perangkat output.

Menurut para ahli, perangkat keluaran adalah seperangkat perangkat yang memiliki fungsi menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh CPU komputer. Tergantung pada jenis perangkat output komputer yang digunakan, hasil pengolahan data dapat ditampilkan secara digital (soft copy) atau dicetak (hard copy). Contoh perangkat output komputer dan fungsinya dibahas secara rinci dalam ulasan di bawah ini.

Daftar Perangkat output komputer dan fungsinya

1. Speaker

Perangkat keluaran komputer

Perangkat output yang harus ada di komputer adalah speaker. Pengertian perangkat keluaran komputer ini berfungsi sebagai perangkat keluaran untuk audio. Pada dasarnya, speaker di komputer tidak berbeda dengan perangkat audio lain di komputer. Namun untuk mencegah perangkat keluaran ini memakan terlalu banyak ruang atau mengganggu pengguna komputer, speaker di komputer berukuran sangat kecil, sehingga speaker komputer sering disematkan di CPU komputer.

Ada juga speaker yang terhubung ke CPU komputer melalui kabel USB. Speaker jenis ini memiliki ukuran yang kecil dan bentuk yang berbeda-beda. Walaupun speaker komputer memiliki low profile, namun kualitas suara yang dihasilkan speaker komputer tidak kalah dengan suara yang dihasilkan oleh perangkat audio lainnya. Bahkan, speaker komputer memiliki karakteristik pemerataan.

2. Monitor

Monitor adalah perangkat output yang harus dimiliki di semua perangkat komputasi. Pengertian Perangkat keluaran adalah perangkat keluaran komputer yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data komputer digital. Hasil pengolahan data komputer yang ditampilkan melalui monitor dapat berupa gambar, video, kata dan angka. Oleh karena itu, monitor sering disebut sebagai unit tampilan visual atau monitor komputer.

Perangkat keluaran komputer

Dengan kemajuan teknologi yang terus meningkat, monitor telah mengalami kemajuan dalam ukuran dan resolusi layar. Dari segi ukuran, perangkat keluaran yang satu ini sudah memiliki dimensi yang ramping. Monitor komputer tidak sebesar televisi tabung, tetapi setipis televisi panel datar.

Namun, layar monitor komputer telah tumbuh dalam ukuran. Monitor komputer tidak lagi 14 inci, tetapi ukurannya 21 inci, 29 inci, hingga 42 inci. Sementara itu, monitor komputer telah mengalami peningkatan resolusi yang berkualitas tinggi, sehingga informasi yang ditampilkan di layar komputer menjadi lebih tajam dan jelas.

Ada berbagai jenis monitor komputer di pasaran. Monitor komputer pertama adalah monitor CRT atau Cahode Ray Tube. Jenis perangkat keluaran ini adalah layar generasi pertama dengan fitur layar cembung dan dimensi serta bobot yang besar.

Tampilan CRT beroperasi pada sinar katoda yang dipancarkan dengan kecepatan tinggi melalui tabung vakum. Sinar katoda yang dipancarkan kemudian dipantulkan ke layar komputer, yang memiliki karakteristik berpendar, atau menyebar saat terkena cahaya.

Monitor komputer generasi kedua adalah monitor LCD atau layar kristal cair. Monitor jenis ini menggunakan kristal cair untuk menghasilkan tampilan layar yang lebih tajam dan jernih. Kristal cair di layar LCD memiliki fungsi memproses cahaya dan piksel yang terlihat melalui cahaya fluoresen putih di belakang kristal cair. Salah satu cara untuk mengidentifikasi layar LCD adalah dengan menekan layar. Jika ada cairan, layarnya adalah layar LCD.

Jenis monitor yang digunakan pada komputer saat ini adalah monitor LED atau light emitting diode. Tampilan LED lebih baik daripada tampilan LCD dalam hal kualitas warna dan kualitas tampilan. Keunggulan lainnya adalah tampilan LED dapat menghemat penggunaan daya komputer hingga 50%. Oleh karena itu, kinerja CPU komputer dapat menjadi sederhana. Selain itu, tampilan LED biasanya dilengkapi dengan fitur layar sentuh atau layar sentuh.

Ada lagi jenis monitor komputer yang lebih canggih, yaitu layar AMOLED. Tampilan ini langsung menggunakan teknologi layar sentuh. Layar ini memiliki kecerahan atau brightness yang tinggi. Oleh karena itu, video dan gambar dapat dilihat dengan warna yang cerah dan jernih bahkan di bawah sinar matahari. Keunggulan lain dari layar ini adalah dimensinya yang tipis.

3. Printer

Perangkat keluaran komputer

Printer adalah alat keluaran yang berfungsi menampilkan data dalam bentuk cetakan atau hardfile. Informasi yang dapat dihasilkan oleh printer meliputi informasi berupa gambar, kata dan angka. Alat keluaran ini membutuhkan kertas dan tinta untuk menampilkan hasil pengolahan data.

Printer generasi pertama adalah printer dot matrix. Printer ini masih digunakan sampai sekarang karena harganya yang terjangkau. Prinsip kerja printer dot matrix adalah menghubungkan titik atau titik untuk menghasilkan cetakan. Komponen terpenting pada alat keluaran ini adalah cartridge atau pita yang menempel pada kertas dan menghasilkan keluaran yang sesuai dengan masukannya.

Jenis printer yang kedua adalah printer ink jet. Printer ini merupakan update terbaru dari printer tipe dot matrix. Oleh karena itu, printer ini masih menggunakan cartridge dan tinta sebagai komponen untuk mencetak. Printer Ink Jet memiliki kecepatan cetak yang lebih cepat daripada printer Dot Matrix.

Bahkan, printer ini bisa mencetak tanpa mengeluarkan suara. Printer jenis ini juga menyediakan port USB sehingga printer ini dapat mencetak tanpa harus terhubung ke komputer. Keunggulan lain dari printer Ink Jet adalah warnanya yang lebih tajam sehingga memungkinkan untuk mencetak dokumen atau foto berwarna dengan kualitas yang tinggi.

Jenis printer yang paling canggih adalah printer laser jet. Printer ini tidak menggunakan tinta dan cartridge seperti dua printer sebelumnya, melainkan bubuk toner. Printer ini berfungsi sebagai mesin fotokopi dan pemindai. Keunggulan printer jenis ini adalah printer ini hadir dalam berbagai ukuran sehingga ukuran kertas bisa lebih bervariasi. Selain itu, printer ini memiliki kecepatan cetak yang cepat dan tidak menimbulkan suara bising. Printer ini cocok digunakan di kantor.

4. Plotter

Printer adalah perangkat keluaran pada komputer yang memiliki prinsip kerja yang sama dengan printer. Itu hanya untuk mencetak di atas kertas gipsum berukuran besar seperti kertas A0 atau A3. Plotter biasanya ditemukan di mesin fotokopi atau printer. Plotter digunakan untuk mencetak poster atau peta. Namun, gambar harus berkualitas tinggi.

5. Scanner

Perangkat keluaran komputer

Meskipun disebutkan sedikit di atas, pada awalnya pemindai adalah perangkat yang berbeda. Perangkat keluaran termasuk komputer yang berfungsi sebagai konverter atau konverter yang mengubah file fisik menjadi file digital. Scanner umumnya berukuran sama dengan printer yaitu A4, F4, Folio dan sebagainya yang banyak digunakan.

Kelebihan scanner dibandingkan scanner printer dalam hal kecepatan scanning dan scanning. Perangkat ini lebih cepat dan memiliki kualitas yang lebih baik karena dirancang khusus untuk bekerja sebagai pemindai. Namun, pamor perangkat ini sedikit menurun karena dapat digunakan sebagai alat pemindaian yang andal oleh pemindai printer dan juga aplikasi yang menjalankan smartphone.

Masih banyak perangkat keluaran komputer yang belum bisa kita bahas pada kesempatan kali ini. Namun setidaknya 5 perangkat keluaran komputer ini menambah pengetahuan kita dan memperluas pemahaman kita tentang seluk beluk komputer. Demikian, semoga bermanfaat.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share