Mengenali Perangkat Komputer dan Fungsinya - Teknisi Pemula Wajib Tahu Perangkat Komputer

"Mengenali Perangkat Komputer dan Fungsinya - Teknisi Pemula Wajib Tahu Perangkat Komputer"

27 min read

Perangkat seperti komputer kini sudah banyak dikenal dan dimiliki oleh berbagai kalangan. Memiliki komputer membuat pekerjaan kantor lebih mudah dan merupakan salah satu alat terpenting saat ini. Perangkat keras komputer meliputi perangkat keras dan perangkat lunak.

Komputer dimungkinkan oleh perakitan beberapa perangkat keras pada komputer. Perangkat keras komputer dan fungsinya bekerja sama untuk melakukan tugas.

Pengertian perangkat keras komputer atau yang dikenal dengan istilah hardware adalah komponen-komponen yang secara fisik dapat dilihat dan disentuh oleh komputer kita dan bekerja untuk menjalankan suatu sistem yang terkomputerisasi.

Komputer dari perangkat keras tidak hanya perangkat di komputer, tetapi semua perangkat yang terhubung ke komputer dan bersama-sama mereka adalah perangkat yang menjalankan fungsi komputer. Perangkat keras komputer terdiri dari beberapa komponen yang meliputi input, processing, dan output.

Setiap komponen dari perangkat keras ini memiliki fungsinya masing-masing yang bekerja sama untuk mencapai tujuan komputasi. Selain perangkat yang melakukan fungsi input, pemrosesan, dan output, terdapat perangkat keras tambahan yang biasa disebut perangkat periferal.

Perangkat keras komputer dan fungsinya bekerja sama untuk menjalankan program komputer untuk mencapai tujuan utamanya.

Jenis-jenis perangkat keras komputer dan fungsinya


Ada beberapa perangkat keras komputer beserta fungsinya beserta diagramnya yang harus Anda ketahui. Terutama ketika Anda belajar cara merakit komputer Anda sendiri. Jadi, berikut adalah beberapa komponen perangkat keras yang membentuk komputer:


Perangkat input komputer

Perangkat keras utama adalah perangkat keras yang menjalankan fungsi masukan (input) ke komputer dan masuk ke proses selanjutnya. Beberapa perangkat keras dan fungsinya yang merupakan bagian dari input perangkat keras komputer adalah:

1. Papan Ketik (Keyboard)

Perangkat keras komputer yang berbeda dan fungsinya

Perangkat pertama yang menerima perintah input adalah keyboard. Keyboard adalah perangkat keras yang digunakan untuk memberikan input data dalam bentuk tertulis.

Keyboard ini sering disebut juga dengan keyboard karena keyboard ini terdiri dari deretan huruf dan angka.


Jika Anda menulis atau mengetik menggunakan keyboard, komputer akan membaca perintah input yang Anda tulis atau ketik. Perintah ini kemudian segera dikeluarkan ke perangkat pemrosesan.


Secara umum, keyboard yang paling umum digunakan adalah keyboard QWERTY, yang berasal dari tahun 1905 dan masih menjadi keyboard standar saat ini.

2. Perangkat Mouse


Perangkat keras komputer dan fungsinya


Mouse adalah perangkat keras komputer dan fungsi yang melakukan fungsi input. Mouse ini melakukan fungsi input yang digunakan untuk memindahkan kursor atau pointer ke segala arah. Alat ini melakukan fungsi klik, klik dua kali dan gulir.

Sesuai dengan perkembangan zaman, saat ini mouse sudah banyak berkembang dengan desain yang sangat cantik dan menarik. Hal ini berguna untuk mempermudah menjalankan fungsi sebagai pointer.


3. Joystik


Perangkat keras komputer dan fungsinya


Joystick juga merupakan bagian dari perangkat keras yang membantu komputer melakukan fungsi input atau input.


Perangkat keras ini sering digunakan oleh para gamer komputer untuk memudahkan dalam memberikan perintah input ke komputer.


4. Mikrofon


Perangkat keras komputer dan fungsinya


Perangkat keras berikutnya yang menjalankan fungsi input adalah mikrofon. Mikrofon ini memberikan perintah input berupa perekaman suara yang ditangkap oleh mikrofon dan dikirimkan ke komputer.

Perangkat ini biasanya digunakan untuk melakukan teleconference. Misalnya, saat Anda Skype menggunakan komputer, Anda akan lebih mudah menggunakan mikrofon ini karena Anda dapat menerima pesan suara dan mengirimkannya ke lawan bicara.

5. Kamera web (Webcam)


Perangkat keras komputer dan fungsinya


Kamera web ini digunakan untuk menangkap sinyal video atau gambar dan kemudian mengirimkannya ke komputer untuk memproses perintah selanjutnya.


Perangkat keras ini tertanam di perangkat keras komputer dan fungsinya untuk memberikan input berupa gambar yang dapat digunakan saat melakukan panggilan video sehingga gambar Anda dapat terlihat dengan jelas.

Perangkat Keras Pemrosesan

Setelah komputer menerima perintah input, komputer memproses perintah tersebut menggunakan beberapa perangkat keras komputer dan fungsinya adalah sebagai berikut.

1. Motherboard


Perangkat keras komputer


Motherboard adalah perangkat komputer yang berfungsi sebagai papan pada komputer dan fungsinya untuk menampung komponen komputer lainnya seperti prosesor, RAM, kartu grafis, hard drive dan perangkat lainnya.


Perangkat ini adalah perangkat utama, karena keberadaannya sangat berarti bagi perangkat lain dan untuk menjalankan proses komputer, perangkat ini harus ada.


Motherboard ini menghubungkan perangkat lain sebagai tugas utama agar komputer dapat melakukan proses perintah.

2. Prosesor


Perangkat keras komputer

Prosesor adalah bagian dari perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengontrol pemrosesan keseluruhan sistem komputer. Perangkat ini disebut CPU (Central Processing Unit) karena merupakan otak dari komputer.

Perangkat ini digunakan dari input yang diterima oleh komputer untuk memproses perintah dari output ke output. Kinerja suatu perangkat komputasi sangat dipengaruhi oleh kecepatan prosesor.

Semakin tinggi kecepatan pemrosesan, semakin cepat kinerja komputer. Perangkat keras pengolah terletak di motherboard dan memiliki tiga bagian penting.

  • Unit Logika Aritmatika (ALU) yang melakukan semua perhitungan aritmatika.
  • Unit kontrol untuk memproses data input dan output yang diterima oleh komputer.
  • Unit memori sebagai perangkat penyimpanan data.

3. RAM


Perangkat keras komputer


RAM (Random Access Memory) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara pada komputer.


Data input Anda yang diterima oleh komputer disimpan sementara di RAM dan ditransfer ke unit proses dan output.


4. Kartu grafis (VGA Card)


Perangkat keras komputer

Bagian berikutnya dari perangkat keras yang bertanggung jawab untuk menjalankan perintah proses adalah kartu grafis.

Kartu grafis ini berfungsi sebagai pengelola video yang diterima oleh komputer, yang membuat video menjadi tajam, halus, dan akselerasinya cepat.

Perangkat keras ini penting ada di komputer, terutama bagi mereka yang ingin bermain game menggunakan komputer atau bekerja sebagai desainer grafis.

Ini karena kartu grafis dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi, sangat halus dan kecepatan video tinggi.


4. Harddisk (HDD)


Perangkat keras komputer


Hard disk adalah bagian dari perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai perangkat penyimpanan data permanen.


Selain itu, harddisk ini merupakan perangkat yang menjalankan sistem operasi komputer seperti Windows, Unix, Linux dan lain-lain.


5. Power Supply (Sumber Daya listrik)


Perangkat keras komputer


Alat penting untuk menjalankan perintah proses adalah catu daya. Perangkat keras ini digunakan untuk menyediakan sumber daya dan mendistribusikan arus ke semua komponen di komputer. Catu daya ini digunakan untuk menjaga agar setiap perangkat komputer tetap hidup saat sedang bekerja menjalankan fungsinya.

Output (Perangkat Keluaran)

Perangkat keluaran ini digunakan untuk memberikan keluaran dari serangkaian perintah masukan dan pemrosesan. Jenis perangkat keras komputer yang merupakan perangkat keluaran:

1. Monitor


Perangkat keras komputer dan fungsinya


Monitor adalah perangkat keras berupa layar yang menampilkan kinerja komputer. Perangkat keras komputer dan fungsinya adalah sebagai alat untuk menampilkan gambar kerja komputer. Sekarang ini telah membuat banyak model monitor lebih baik untuk digunakan.


Tampilan ini juga datang dalam berbagai ukuran dan resolusi. Jenis monitor yang umum adalah layar CRT (Cathode Ray Tube) dan layar LCD (Liquid Crystal Display).


Kualitas sebuah monitor dapat dilihat dari resolusi, response time, tingkat kecerahan, kerapatan piksel dan rasio kontras.


2. Printer


Perangkat keras komputer dan fungsinya


Perangkat keluaran selanjutnya adalah printer, yang merupakan perangkat keras komputer dan berfungsi sebagai perangkat untuk mencetak proses data dari komputer.

Keluaran dari printer dapat berupa data/dokumen tercetak dan gambar. Pada awalnya printer berguna untuk mencetak file dari komputer, namun sekarang sudah banyak printer dengan banyak fungsi.

Fungsi lain yang dapat dilakukan oleh printer adalah untuk memindai (scan) suatu dokumen, memfotokopi, bertindak sebagai mesin fax.

3. Speaker


Perangkat keras komputer dan fungsinya


Speaker adalah alat keluaran untuk menghasilkan keluaran suara dari komputer. Kehadiran perangkat ini membuat keluaran suara dari proses komputer menjadi lebih baik dan dapat didengar oleh pengguna.

Pada laptop, speaker ini terintegrasi ke dalam sistem komputer, jadi jika Anda ingin mendengar efek suara yang lebih baik, Anda dapat menambahkan speaker lain yang dapat dihubungkan ke komputer/laptop.

Periperal Komputer

Periperal ini adalah perangkat keras komputer dan fungsinya sangat diperlukan untuk mendukung proses komputer. Beberapa alat tersebut adalah:

1. Penyimpanan (HDD Eksternal)


Perangkat keras komputer dan fungsinya


Aksesori ini digunakan untuk media penyimpanan eksternal. Kehadiran perangkat keras ini memudahkan dalam transfer data karena data dapat disimpan secara eksternal di luar komputer dan dapat dengan mudah ditransfer ke komputer lain.

Penyimpanan ini hadir dalam beberapa jenis, seperti floppy disk, USB/flash drive, dan hard drive eksternal.

2. CD/DVD RW

Perangkat keras komputer dan fungsinya

CD/DVD RW adalah sebuah perangkat keras komputer yang biasa disebut dengan CD drive yang fungsinya untuk membaca file pada cakram CD/DVD. Juga, alat ini berperan dalam burning data ke CD/DVD.

3. Kartu LAN (jaringan area lokal)

Perangkat keras komputer dan fungsinya

LAN Card (Local Area Network) adalah sebuah komponen perangkat keras yang fungsinya untuk membangun sebuah jaringan komputer. Perangkat ini membantu memfasilitasi pertukaran data dan fungsi kerja lainnya dengan menghubungkan komputer satu sama lain.

4. Modem

Perangkat keras komputer

Modem atau Modulator Demodulator adalah bagian dari perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet sehingga dapat melakukan berbagai fungsi.

5. Cashing CPU

Perangkat keras komputer

Perangkat periferal berikutnya adalah penambangan CPU yang berfungsi sebagai alat untuk melindungi komponen perangkat keras seperti motherboard dan perangkat lainnya.

Untuk menghindari debu atau bahaya lain yang dapat membahayakan keselamatan pengguna dan daya tahan komputer.

6. UPS

Perangkat keras komputer

UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah perangkat keras yang digunakan untuk menjaga kestabilan daya komputer. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk melindungi komputer pada saat terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba sehingga dapat memberikan daya untuk menjaga komputer tetap hidup.

Itulah perangkat keras komputer beserta fungsinya untuk menjalankan komputer dengan baik dan sekaligus merawatnya.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share