Panduan Cara Merakit Komputer Sendiri di Rumah Untuk Pemula, Cukup Lakukann 9 Langkah ini!

"Panduan Cara Merakit Komputer Sendiri di Rumah Untuk Pemula, Cukup Lakukann 9 Langkah ini!"

19 min read

Cara merakit komputer pada dasarnya adalah menyusun potongan puzzle atau potongan puzzle menjadi satu kesatuan. Jadi, sederhana – sederhana sulit. Ini telah menjadi makanan pokok yang mudah dan bahkan setiap hari bagi para penghobi. Artinya, mereka yang berprofesi sebagai teknisi komputer. Namun bukan berarti pengguna seperti kami atau pengguna komputer tidak bisa melakukannya.

Dalam hal ini, tips komputer akan membagikan informasi langkah demi langkah untuk pemula tentang merakit komputer PC atau yang dikenal dengan CPU komputer. Jadi jangan kemana-mana dan mari terus membaca.

Sebelum merakit komputer, wajib bagi kita untuk mengetahui bagian-bagian apa saja yang ada di dalam komputer. Gak lucu kan, mau belajar merakit komputer tapi bingung mau merakit apa? Nah, untuk itu kita perlu mengetahui apa saja bagian terpenting dari sebuah komputer PC. Jangan khawatir karena Anda dapat membaca semua tentang perangkat keras komputer dan fungsinya yang telah kita pelajari bersama.

Ok, pertama kita hanya perlu menyiapkan alat dan bahannya. Adapun item atau komponen atau perangkat yang perlu kita persiapkan untuk menjadi sebuah PC atau komputer yang dapat bekerja dengan baik antara lain :

  1. Motherboard

  2. prosesor

  3. Memori Akses Acak

  4. harddisk

  5. Catu Daya (PSU)

  6. urusan

  7. Prosesor kipas

  8. kabel SATA

Nah, setidaknya itulah list atau daftar komponen hardware yang harus kita suplai sebagai item kita saat merakit komputer standar. Anda bisa membelinya di toko komputer. Jika anggaran Anda tinggi, Anda dapat membeli yang baru atau jika anggaran Anda sesuai, Anda dapat membeli yang ke-2. Untuk perangkat bekas, skrip putar berukuran sedang sudah cukup.

Langkah-langkah merakit komputer

Nah, sekarang saatnya untuk mulai merakit komputer. Saat Anda menyiapkan semua bagian. Jangan lakukan itu, tetapi jika Anda ingin belajar terlebih dahulu, pertimbangkan bahwa semua kelas ini sudah siap di meja kami.

1. Pasang prosesor pada motherboard

Pada dasarnya urutan cara merakit komputer yang benar bukanlah aturan baku. Artinya, Anda bisa memulainya dari mana saja. Namun saat merakit CPU, sudah menjadi kebiasaan untuk memasang prosesor terlebih dahulu ke dalam slot prosesor pada motherboard.

Penting untuk diketahui bahwa ini bisa berupa tipe prosesor, model, tipe dan grade atau generasi. Ini harus dipertimbangkan ketika memilih prosesor dan motherboard. Kedua bagian atau perangkat ini harus cocok, ini harus slot (model) dan generasi.

Namun Anda tidak perlu khawatir, umumnya akan memandu Anda untuk membeli prosesor dan motherboard yang sesuai di toko komputer.

Hampir semua slot prosesor pada motherboard memiliki mekanisme yang sama. Artinya, untuk membuka penutupnya, Anda hanya perlu membuka pengait kawat di slot prosesor. Setelah itu Anda pasang prosesor di sana.

Anda tidak perlu khawatir akan salah tempat atau terbalik. Karena jika prosesor lambat dan prosesor itu sendiri berada di lokasi yang salah, mereka memberi isyarat bahwa mereka tidak dapat menempatkan prosesor dengan benar atau benar. Jadi jika processor tidak terpasang dengan benar pada slot pada motherboard, silahkan ubah posisinya.

Sumber: www.pcgeeksusa.com

2. Memasang prosesor kipas

Langkah kedua merupakan urutan yang tidak terpisahkan dari langkah pertama. Setelah memasang prosesor di motherboard, sekarang kita langsung memasang kipas prosesor atau kipas prosesor.

Perlu diketahui, ada banyak model dan jenis kipas prosesor yang berbeda, tetapi yang terpenting adalah posisi logam pendingin atau pendingin harus terhubung dengan benar ke prosesor. Hal ini untuk membuat kulkas bekerja lebih baik.

Anda tidak perlu khawatir tentang ini. Prosesor kipas dilengkapi dengan mekanisme sekrup yang terbuat dari sekrup plastik dan logam dengan indikator batas. Oleh karena itu, mudah untuk berbelok atau menekuk ke tanda batas yang ada.

Hal penting berikutnya adalah sebelum memasang prosesor kipas ini. Jangan lupa untuk mengoleskan Thermal Paste di bagian belakang prosesor. Hal ini agar prosesor dan logam pendingin tidak menempel, karena ini dipasang untuk masa pakai komputer.

Sumber: youtube.com/watch?v=f0faokWMZbc

Kipas Setelah prosesor terpasang dengan benar, jangan lupa sambungkan (colokkan) kabel kipas prosesor ke slot pada motherboard. Pastikan Anda memasangnya dengan benar agar kipas prosesor berputar saat komputer dihidupkan.

Sumber: www.build-gaming-computers.com

3. Pasang RAM

Langkah selanjutnya dalam merakit komputer adalah memasang RAM.Memori akses acak). Umumnya ada dua slot RAM pada motherboard. Bahkan beberapa motherboard serial yang menawarkan hingga 4 slot RAM. Anda dapat melihat posting kami sebelumnya untuk rekomendasi merek motherboard standar terbaik.

Untuk memasang RAM, Anda perlu menekan sedikit setelah memasukkan RAM ke dalam slot. Yang paling penting adalah memastikan Anda memasangnya di tempat yang tepat. Jika kita melihat sebuah chip RAM, terbagi menjadi dua sisi dengan segmen yang tidak sama panjang. Anda cukup mengatur slot pada motherboard.

Dalam hal ini, Anda tidak perlu khawatir untuk membaliknya, karena jika terbalik, Anda tidak akan dapat memasangnya dengan benar. Dan kunci RAM di pintu masuk tidak mengunci atau menutup.

Sumber: www.mbuserguide.blogspot.com
Tips: Gunakan kedua slot RAM. Katakanlah Anda menggunakan kapasitas RAM 2 GB. Anda dapat memilih 2 buah masing-masing 1 GB.

4. Memasang catu daya di casing CPU

Langkah atau langkah selanjutnya dalam merakit PC adalah memasang catu daya (PSU) pada casing. Ini adalah casing CPU bekas jika Anda membeli PSU terpisah. Jika Anda membeli casing CPU baru, umumnya ada catu daya built-in dengan resolusi standar. Jadi Anda tidak perlu menginstalnya.

Memasang CPU di casing komputer tidaklah sulit. Ini karena slotnya sudah ada di dalam casing dan umumnya terletak di bagian belakang, atas, atau bawah casing CPU. Instal saja di sana. Dan kencangkan semua sekrup dengan benar agar tidak goyah.

Tidak ada yang perlu diperhatikan saat memasang catu daya ini. Itu saja, Anda mungkin perlu membersihkan kabel-kabel yang kita pasang di motherboard agar lebih rapi dan mudah dipasang nanti.

5. Memasang hard disk

Ya, inilah panduan cara merakit komputer versi komputer tips untuk pemula. Langkah selanjutnya adalah menginstal hard disk pada paket. Untuk kapasitas terpakai silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda. Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih mutakhir, Anda dapat menggunakan SSD.

Ini memiliki fungsi yang sama, tetapi sangat berbeda dalam hal kinerja. Komputer Anda akan lebih cepat. Anda bisa mencobanya sendiri lain kali. Nah untuk memudahkan kita dan juga mengurangi budget. Kami menggunakan harddisk.


Lokasi pemasangan harddisk ada di casing, biasanya di bagian depan, atas atau bawah. Yang utama adalah mengatur posisi motherboard nanti. Jangan sampai saling bertabrakan. Kencangkan bautnya, dan pastikan Anda melakukannya dengan benar.

Sumber: www.legitreviews.com

6. Memasang motherboard di casing CPU


Langkah selanjutnya adalah memasang motherboard dengan prosesor, kipas prosesor dan RAM di dalam casing. Pada umumnya semua model dan jenis casing memiliki tempat khusus untuk motherboard dengan ukuran yang berbeda-beda.

Hal yang perlu diperhatikan saat memasang motherboard adalah penempatan panel belakang, seperti port mouse, keyboard, slot USB, slot audio, jaringan, dan lain sebagainya. Jika Anda membeli motherboard, Anda akan diberikan penutup belakang yang terpasang di bagian belakang saat Anda memasang motherboard.

Kemudian pastikan untuk memasangnya dengan benar pada lubang pembuangan yang disediakan pada motherboard dan casing. Juga, pastikan Anda memasang sekrup dengan benar dan kuat. Ini sangat penting karena jika sekrup yang Anda pasang tidak kencang. Kemudian menimbulkan guncangan yang dapat mempengaruhi kinerja komputer Anda. Atau dapat menyebabkan korsleting yang mematikan CPU Anda sepenuhnya.

Sumber: www.oreilly.com

7. Menghubungkan kabel PSU ke motherboard

Langkah selanjutnya untuk merakit komputer adalah menghubungkan atau menghubungkan kabel dari power supply ke motherboard. Sebagai sumber catu daya utama, ada dua jenis kabel yang perlu kita hubungkan dari PSU ke motherboard.

Kabel PSU asli dengan 24 pin. Dan yang kedua adalah kabel PSU dengan 4 atau 8 pin. Slot kabel 24-pin cukup jelas. Saya yakin Anda tidak akan bingung. Ini adalah lokasi yang harus dipertimbangkan saat memasang kabel ini.

Seperti sebelumnya, Anda tidak perlu khawatir karena posisinya sudah fix dengan bentuk bungkuk dan juga pin. Anda tidak dapat menyematkan pin saat berada di tempat yang salah. Namun ada baiknya untuk memperhatikan area tersebut sebelum proses perekatan. Tekan kenop sedikit lebih keras sampai "klik".

Selanjutnya, jangan lupa kabel dengan 4 atau 8 pin. Mengapa ada dua jenis? Tentu saja, terkadang setiap motherboard memiliki spesifikasi kabel yang berbeda. Ada yang memiliki 4 pin, ada yang memiliki 8 pin. Yang paling penting adalah tempat pemasangan. Anda perlu menyesuaikan bentuk pin untuk memasangnya.

Dan di sini, Anda tidak perlu khawatir, karena jika tempatnya tidak tepat, Anda tidak dapat menempelkannya. Jadi Anda bisa memutar dan menyematkan hingga posisinya pas.

Sumber: www.superuser.com

8. Menyambungkan kabel hard disk (HDD)

Lanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu memasang HDD atau kabel hard disk. HDD adalah perangkat penyimpanan atau komponen yang berfungsi sebagai penyimpanan, termasuk menyimpan sistem operasi komputer yang menjalankan komputer itu sendiri. Ada dua tali yang harus dilekatkan pada tubuh ini. Yaitu kabel sambungan data (SATA) dan yang lainnya adalah kabel power dari PSU.

Memasang kabel SATA sangat mudah, Anda hanya perlu mencari slot SATA pada motherboard. Biasanya ada 2 sampai 6 slot kabel SATA pada motherboard. Anda bebas memilih slot mana yang Anda inginkan. Namun saran saya jika hanya memasang satu HDD, pilihlah slot kabel SATA 1.

Sumber: www.pcguide101.com

Ujung lain dari kabel ini terhubung ke hard disk seperti ini.

Sumber: www.alphr.com

Kemudian kabel yang harus disambungkan setelah kabel SATA adalah kabel power. PSU komputer umumnya memiliki slot yang digunakan untuk mensuplai daya ke HDD. Pada gambar di atas, Anda dapat memasang kabel power pada HDD. Bagian bawah berwarna kuning adalah kabel SATA dan bagian atas adalah kabel power.

Pemasangan kedua kabel ini tidak dapat dibalik. Hal ini karena sarangnya diatur agar tidak menempel pada tempatnya saat dibalik.

9. Memasang kabel panel depan

Apa panel depan dan apa kabelnya? Panel depan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tombol dan port di bagian depan casing PC. Secara umum terdapat tombol power, tombol reset, port USB dan port audio, serta lampu LED dan LED HDD.

Pemasangan kabel ini sedikit rumit karena banyak pemasangan dan pertimbangan. Tapi jangan khawatir. Secara umum, semua informasi kabel ditulis pada pin kabel atau pada motherboard. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.

Terminal kabel power terdiri dari 2 pin (+) dan (-). Kabel memiliki warna yang berbeda. Ini membuatnya mudah dipasang. Sama dengan kabel reset. Slot kabel daya dan reset umumnya berjajar. Entah asap diperpanjang atau diperpanjang.

Kabel lampu LED juga hadir dalam 2 tipe (+) dan (-) dengan posisi berbeda. Itu tidak terhubung sebagai kabel listrik dan restart. Begitu pula dengan lampu LED untuk HDD. Umumnya terdiri dari dua senar dan memiliki warna yang berbeda.

Sumber: www.bilimdon.ru

Lokasi pada motherboard untuk pin USB tidak jauh dari saluran masuk daya dan reboot. Biasanya dikumpulkan ke dalam satu atau lebih port. Dan proses instalasi sangat mudah. Karena semua pin digabungkan menjadi satu. Itu tidak bisa dibatalkan. Perhatikan posisi pin dan juga lubang pada kabel.

Sumber: www.youtube.com/watch?v=srKIPv8Rt7A
Juga untuk unit audio, umumnya lokasinya berada di sebelah port USB. Dan pemasangannya juga sangat mudah.

Sumber: www.linustechtips.com

Sampai saat ini, Anda telah berhasil merakit komputer Anda sendiri. Langkah selanjutnya adalah pengujian. Pertama, pastikan Anda memeriksa langkah-langkah yang Anda lewatkan. Mungkin ada yang masih belum terpasang atau belum terpasang dengan benar. Jika Anda yakin, Anda dapat menghubungkan port VGA ke monitor dan komputer siap untuk pengujian. Jika komputer Anda berhasil masuk ke sistem BIOS, itu tandanya Anda telah merakit komputer dengan baik dan benar.

Itulah tutorial singkat cara merakit komputer sendiri, khususnya untuk seri pemula. Berharap ini bermanfaat.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share