√ Cara Mengaktifkan Virtualization Technology (VT) di Windows 10

"#1. Cara Mengaktifkan Intel Virtualization Technology. Pertama, silakan Anda nyalakan komputer atau laptop Anda terlebih dahulu. "

24 min read

Pengguna PC Windows dan laptop yang ingin mengetahui cara mengaktifkan VT (Virtualization Technology) dapat dengan mudah melakukannya melalui Setting dan BIOS. Silakan baca artikel ini dengan seksama.


Teknologi virtualisasi, atau biasa disebut VT, adalah teknologi yang memungkinkan PC menjalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan pada satu platform, dan semua aplikasi dapat berjalan di lokasi yang berbeda tanpa saling bersentuhan, sehingga sangat meningkatkan efisiensi komputer Anda.

Prosesor berfitur Intel VT-x atau AMD-V memungkinkan Anda menjalankan aplikasi mesin virtual seperti VirtualBox, VMware, Hyper-V, Android Emulator, dan aplikasi mesin virtual lainnya di PC Windows Anda.

Secara default, fitur ini tidak diaktifkan. Untuk itu, di sini SukaKepo.com menjelaskan secara detail cara mengaktifkan virtualisasi atau virtualisasi di Windows menggunakan chipset Intel atau AMD.

Cara memverifikasi virtualisasi di Windows

Prosesor Intel dan AMD mendukung virtualisasi Intel VT-x dan AMD-V. Namun, tidak semua prosesor buatan mereka akan memiliki Intel VT-x dan AMD-V. Jadi, jika Anda berencana untuk menjalankan semacam emulator Android, silakan periksa spesifikasi prosesor apakah mendukung virtualisasi.

Bagi pengguna yang penasaran ingin mengetahui apakah fitur VT aktif atau tidak, bisa lihat caranya di bawah ini.

Windows 11 / 10 / 8

Jika PC Anda menggunakan sistem operasi Windows 11, Windows 10 atau Windows 8, sangat mudah untuk mengetahui apakah virtualisasi berjalan atau tidak.

Untuk melakukan ini, tekan tombol secara bersamaan jendela + tombol R pada keyboard. Kemudian ketik tskmgr Dan kemudian klik Memasuki. nanti Manajer kerja Ini akan terbuka, silakan buka tab Pertunjukan Dan kemudian periksa bagian CPU.

Periksa VT di Windows 10

Anda akan melihat virtualisasi seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Jika ditulis bangunIni berarti CPU Anda mendukung VT dan saat ini diaktifkan di BIOS.

Jika itu menunjukkan Cacat, harus diaktifkan di BIOS. Jika Anda tidak melihat Virtual, CPU Anda tidak mendukung VT.

Windows 7 / Vista

SecurAble adalah program kecil yang dapat digunakan untuk mendeteksi model prosesor Intel dan AMD. Ini juga menyediakan dukungan virtualisasi perangkat keras. Perangkat lunak ini mendukung Windows 7 dan Windows Vista.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh dan menjalankan aplikasi SecurAble. Tangkapan layar di bawah ini menunjukkan output saat menjalankan utilitas ini.

Jika muncul Ya pada Virtualisasi perangkat kerasArtinya PC mendukung virtualisasi. Bagi yang belum mengaktifkannya, silahkan lanjutkan dengan cara mengaktifkan VT di bios berikut.

Cara mengaktifkan Intel VT-x atau AMD-V di BIOS

Beberapa program seperti emulator Android perlu mengaktifkan VTT agar berjalan dengan lancar di PC. 99% dari waktu macet jika tidak diaktifkan. Nah, bagi yang ingin mengetahui cara mengaktifkan virtualisasi, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Aktifkan VT melalui pengaturan Windows

Jika Anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11, Anda dapat membuka menu Pengaturan. Seperti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Mengetuk ini dia Lalu pilih pengaturan lalu Pembaruan dan keamanan.
Pengaturan pembaruan keamanan

Langkah 2: Pilih selanjutnya Pemulihan Di ruang kiri dan oleh Awal yang luar biasaKlik Sekarang reboot Seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar.
Awal yang luar biasa

Langkah 3: Sekarang tunggu proses restart, setelah selesai Anda akan melihat beberapa opsi Lanjutkan, Tembakan masalah Dan Matikan komputer Anda. Silahkan pilih Tembakan masalah.
Opsi pemecahan masalah

Langkah 4: Ada opsi di halaman pemecahan masalah. Mulai ulang PC ini. Dan Opsi lanjutan. Nah, Anda harus memilih Opsi lanjutan.
Opsi lanjutan

Langkah 5: Setelah halaman Opsi Lanjutan terbuka, silakan pilih Pengaturan Firmware UEFI Dan banyak lagi mengulang kembali.
Pengaturan Firmware UEFI

Langkah 6: Jika sudah masuk ke BIOS, ubah pengaturannya Teknologi virtual Intel dari dengan disabilitas. akan. bangun. Setelah mengaktifkannya, silakan tekan F10 Untuk menyimpan struktur. Silakan lihat deskripsi di samping atau di bawah untuk menyimpan dan memulai ulang sesuai dengan PC Anda.
Teknologi virtual Intel

Catatan: Model motherboard yang berbeda mungkin menggunakan nama VT yang berbeda, beberapa yang umum seperti: Teknologi Virtual Intel(R), Maya, Imajinasi, VT-XDan SVM.

Aktifkan VT melalui BIOS

Setiap produsen motherboard atau produsen laptop memiliki kombinasi tombol yang berbeda untuk masuk ke BIOS. Anda harus tahu di google dengan mengetikkan kata kunci seperti bios Lenovo, Acer, Sony, HP, Dell, ASUS dan sebagainya. Silahkan sesuaikan dengan model laptop atau desktop Anda.

laptop lenovo

Matikan laptop lenovo dan hidupkan kembali, setelah itu harus pencet tombol dengan cepat F1 Atau F2 Atau Fn+F2. Silakan pilih yang cocok dengan PC atau laptop Anda.

Virtualisasi Intel di Lenovo Bios

Pilih setelah masuk ke BIOS Mempersiapkan >> Teknologi virtual Intel Kemudian beralih ke Sudah bangun. Jika Anda menekan tombol F10 Menyelamatkan.

Untuk pengguna Lenovo dengan chipset AMDsilahkan masuk Mempersiapkan>> Dukungan SVM >> Sudah bangun.

laptop hp

Aktifkan VT di Bios HP


Silakan restart HP laptop atau PC Anda dan segera tekan tombol ESC Atau F10 Untuk masuk ke BIOS.

Setelah itu silahkan cari settingan VT, mungkin settingnya berbeda. Silakan lihat salah satu dari berikut ini.

pertama: Advanced - System Options lalu aktifkan Virtualization Technology-VTX dan Virtualization Technology-VTD lalu tekan F10 untuk menyimpan dan keluar.


kedua: Keamanan → Keamanan Sistem → Teknologi Virtual (VTX/VTD) lalu pilih "Diaktifkan" dan terakhir tekan F10.


ketiga: Chipset Lanjutan → Teknologi Virtual → Ubah “Disabled” menjadi “Enabled”. Setelah itu Menyimpan Menyelamatkan.

laptop ASUS


Aktifkan VT di ASUS

Saat PC dinyalakan, tekan tombol berulang kali F2 Atau coba gunakan tombol Del/Insert/F10 untuk masuk ke BIOS.

Selanjutnya, tekan tombol panah kanan (jika tidak terjadi apa-apa, tekan F7) dan pergi ke "Advanced" → "CPU Configuration" → "Virtualization Technology" → pilih "Enabled" → tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan mengatur ulang.


Jika teknologi virtualisasi bukan pilihan, coba periksa SVM atau VT-X.

laptop ACER

Mengaktifkan VT di laptop ACER

Bagi pengguna PC atau laptop, coba tips dari Acer berikut ini.

Reboot pertama, lalu tekan tombol dengan cepat F2 Atau Menghapus.


Jika berhasil masuk ke BIOS, langkah selanjutnya tekan tombol panah kanan dan masuk ke menu "Configuration" → pilih "Intel Virtualization Technology" dan ubah menjadi "Enabled" → tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan keluar.


Untuk pengguna ACER dengan chipset AMD, silakan pilih SVM.


laptop DELL


Virtualisasi Laptop Dell

Untuk masuk ke BIOS dengan laptop DLL, silahkan matikan kemudian hidupkan kembali dan tekan tombol berulang kali setelah layar menyala. F2 atau tombol F1/F12/Delete untuk masuk ke BIOS. Instal untuk model lama CTRL+ALT+ENTER atau Hapus Atau Fn + ESC Atau Fn + F1.

Setelah itu, cari opsi VT di BIOS dan aktifkan, tetapi setiap motherboard akan memiliki tampilan BIOS dan nama VT yang berbeda, ada Virtual, SVM, Virtual, Intel(R) Virtual Technology dan VT-X.


Langkah pertama: Masuk ke BIOS SETUP → klik “Virtualization” → “Virtualization”, pilih “Enabled” → tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan keluar.


Cara kedua: Di bawah tab "Advanced", klik "Virtualization" → "Disabled" ke "Enabled" → Tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan keluar.


Cara ketiga: Di bawah tab "Konfigurasi", klik "Intel Virtual Technology" → ubah "Disabled" menjadi "Enabled" → tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan keluar.


laptop toshiba


Nyalakan ulang komputer Anda dan akses BIOS dengan menekannya lagi setelah boot F2/F1/ESC Untuk mengakses BIOS.


Selanjutnya, temukan pengaturan dan aktifkan VT dengan membuka tab Canggih Lalu pilih Teknologi virtual Atau SVM Lalu pilih Sudah bangun Tekan Berikutnya F10.


Bagi pengguna PC atau laptop merek lain, silahkan perbaiki dengan cara-cara tersebut di atas.


Pengalaman menggunakan VT


Jika komputer Anda menjalankan sistem operasi Windows 64-bit, VTT harus diaktifkan. Intel VT-x atau AMD-V tidak diperlukan meskipun sistem operasinya 32 bit. Namun, menurut pengalaman saya, prosesor tanpa teknologi virtualisasi memberikan kinerja yang lebih lambat. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memiliki prosesor yang mendukung virtualisasi.


Bagi yang ingin memainkan game Android di PC menggunakan emulator, fitur VT (Virtualization Technology) ini perlu diaktifkan. Seringkali emulator tidak dapat dibuka, hanya memuat hingga 99%.


Berikut adalah panduan tentang cara memeriksa dan mengaktifkan virtualisasi di Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan Windows 11. Semoga panduan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share