Cara Install dan Menjalankan Aplikasi Android APK di PC atau Laptop Windows 11

"Cara Install dan Menjalankan Aplikasi Android APK di PC atau Laptop Windows 11"

10 min read


Apakah Anda ingin menjalankan aplikasi Android di PC Windows 11 tanpa emulator? Saat ini impian tersebut akhirnya menjadi kenyataan. Kita dapat dengan mudah menjalankan aplikasi Android di PC tanpa menggunakan perangkat lunak pihak ketiga atau emulator.

Windows 11 memungkinkan kita untuk menginstal dan menjalankan aplikasi Android apa pun dari Amazon Play Store. Selain itu juga, kita dapat install aplikasi Android dari layanan web yang lain. Anda dapat menginstal file APK yang diperoleh dari situs-situs seperti APKPure, ApkMirror, Uptodown, Apkshort di PC Windows 11.

Dengan begitu, kita dapat menikmati aplikasi atau game Android favorit di laptop atau komputer. Namun, perlu dicatat bahwa aplikasi yang membutuhkan Google Play Services mungkin belum dapat berjalan di Windows. Siapa tahu, kelak ada seseorang di luar sana yang menemukan cara melewati persyaratan Google Play Services.


Nah, di sini Sukakepo akan memandu kalian bagaimana caranya menginstal APK pada Windows 11 tanpa perlu menggunakan akun Amazon Appstore. Silahkan simak caranya sideload file APK apa pun di PC Windows Anda dengan panduan mudah ini.

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Windows 11 Tanpa Emulator

Seperti kita ketahui, Windows Subsystem Android (WSA) ini terintregrasi dengan Amazon AppStore yang mana hanya diperuntukan buat pengguna di wilayah USA. Meskipun kita dari Indonesia tapi masih memungkinkan untuk menginstall aplikasi Android dengan menggunakan file APK dari situs seperti APKMirror, APKPure, Uptodown dan lain sebagainya.

Sebelum mulai pastikan Virtualization Anda sudah aktif. Lihat di sini caranya mengaktifkan VT di Windows.

Install WSA (Windows Subsystem Android)

Mengubah Region Ke USA


Pengaturan Ganti Region Windows 11


  1. Jika PC Anda diatur ke wilayah Indonesia, silahkan ubah region ke US.
  2. Masuk ke menu Settings di Windows 11 Anda.
  3. Lalu pilih Time and Language (Waktu dan Bahasa) > Language and Region (Bahasa dan Wilayah).
  4. Di bagian Wilayah, silahkan ubah ke United States.

Setelah mengubah wilayah, Anda bisa update Microsoft Store yang support aplikasi Android. Simak langkah selanjutnya untuk memperbarui Microsoft Store dan Android Subsystem.

Update Microsoft Store dan Windows Subsystem Android


Setelah itu buka Microsoft Store, buka Library, dan klik tombol Get update. Nanti kamu akan melihat pembaruan Microsoft Store dan WSA (Windows Subsystem Android).


Jika sudah, buka Microsoft Store dan Anda mungkin melihat banner bertuliskan Amazon Appstore Preview. Jika tidak muncul pratinjau Amazon App Store ini, coba restart komputer Anda setelah mengikuti langkah-langkah di atas.


Hanya untuk memastikan bahwa telah berhasil menginstal Windows Subsystem Android, Anda dapat mencari namanya di menu Start.


Windows subsystem Android



Install Android App Installer


Dengan menggunakan Android App Installer for Windows 10/11, kita bisa memasang aplikasi dan game favorit tanpa perlu ribet menggunakan powersheel. Ini merupakan keajaiban teknologi yang akan membawa semakin lebih dekat untuk menjalankan aplikasi di Windows tanpa menggunakan emulator lagi.


Di Windows Store sudah tersedia aplikasi yang memungkinkan pengguna install file APK di PC. Dalam postingan ini, kita akan membahas cara memasang aplikasi Android (APK) di Windows 11.


Langkah 1: Silahkan buka Windows Store lalu cari Android App Installer kemudian install. atau langsung ke link ini jika merasa ribet.


APK Installer Windows



Langkah 2: Jika sudah terpasang di Windows 11, siapkan file APK yang ingin Anda install di PC. Ada banyak situs yang menyediakan file APK seperti APKMirror atau APKPure.


Install file APK



Langkah 3: Jika sudah download APK silahkan double klik file tersebut agar terinstall di PC atau laptop berbasis Android 11 milikmu.


Kesimpulan


Sekarang, Anda dapat menginstal file APK apa pun dan itu akan berfungsi tanpa masalah berarti. Beberapa aplikasi mungkin membutuhkan layanan Google Play Store agar bisa berjalan, Anda dapat mencoba menginstal aplikasi Gapps.


Awalnya, banyak pengguna yang khawatir bahwa Windows 11 bukanlah pembaruan besar dan mereka baik-baik saja dengan Windows 10, tetapi Sukakepo pikir memungkinkan menginstal dari ribuan aplikasi Android pasti akan menjadi kelebihan sendiri.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share