Cara Ambil Gambar Screenshot Windows 11 Laptop dan PC

"Cara Ambil Gambar Screenshot Windows 11 Laptop dan PC"

11 min read

Jika Anda ingin mengambil gambar desktop, menu, atau apa pun, tangkapan layar adalah solusi termudah. Cara mengambil tangkapan layar di Windows 11 dan menyimpannya sebagai file gambar.

Cepat atau lambat, menjadi perlu untuk mengambil tangkapan layar dari semua atau sebagian dari layar komputer. Jika Anda menggunakan laptop atau PC berbasis Windows 11 dan Windows 10, ada utilitas yang sangat berguna di sistem operasi yang disebut snipping tool dan berfungsi untuk mengambil tangkapan layar.

Pada artikel kali ini saya akan membagikan panduan cara screenshot di windows 11, cara ini juga bisa diterapkan di windows 10. Secara umum, ada dua cara yang bisa kita gunakan, yaitu kombinasi tombol atau Snipping tool.

Cara mengambil tangkapan layar Windows 11 dengan kombinasi tombol


Tangkapan layar kombinasi tombol Windows 11

Pada hari-hari awal komputer pribadi, kuncinya Print Ini memiliki satu tujuan praktis: untuk mencetak konten layar sistem operasi yang ditampilkan di atas kertas, seperti MS-DOS. Di versi berikutnya, fungsinya telah diubah. Print Kunci serbaguna akan menjadi kunci untuk mengambil tangkapan layar di laptop Windows.

Anda dapat menggunakan kunci di Windows 11 Print Untuk mengambil tangkapan layar dari layar yang ditampilkan dan menyimpannya ke clipboard - memori sementara dari sistem operasi.

kecuali itu, Mencetak Ini dapat dikombinasikan dengan tombol lain, misalnya, untuk menangkap hanya bagian tertentu dari layar. Berikut adalah kombinasi tombol untuk mengambil tangkapan layar di Windows 11

Print
tekan tombolnya Print Atau Prnt Scrn Dan semua yang muncul di layar disimpan ke clipboard. Anda kemudian dapat menempelkan tangkapan layar ke aplikasi apa pun yang menampilkan gambar, seperti Paint atau Word. Ctrl + Tidak.

Alt + Print

Jika Anda menggabungkan tombol Printdengan Alt, Windows 11 tidak mengambil tangkapan layar dari seluruh layar, tetapi hanya tangkapan layar dari jendela yang aktif. Untuk melakukan ini, cukup pilih jendela yang diinginkan dengan kursor.

Windows + Print


Gunakan kombinasi tombol ini untuk menyimpan tangkapan layar sebagai file gambar di Windows 11. \ gambar tangkapan layar.


Windows + Shift + S

Tekan kombinasi tombol ini untuk mengakses alat tangkapan layar. Metode ini memungkinkan Anda untuk menangkap bagian mana pun dari layar dan menyimpannya ke clipboard sebagai tangkapan layar. Fungsi ini memungkinkan Anda untuk memotong jendela atau seluruh layar dan membuat tangkapan layar.

Berhati-hatilah saat menyimpan gambar menggunakan salah satu opsi ini, karena clipboard sistem operasi hanya memiliki ruang untuk satu tangkapan layar. Jadi, jika Anda menggunakan tombol Mencetak Untuk kedua kalinya, gambar sebelumnya akan diganti secara otomatis.


Jika Anda ingin menyimpan gambar dari clipboard, Anda perlu menyalinnya ke aplikasi yang kompatibel sebagai warna atau warna alternatif Ctrl + Tidak Dan simpan dalam format yang diinginkan.

Cara mengambil tangkapan layar dengan Sniping Tool


Tangkapan layar menggunakan Snipping Tool

Pengguna Windows berpengalaman yang terbiasa mengambil tangkapan layar di Windows 10 akan terbiasa dengan Snipping Tool, versi tambahan dari alat yang dapat Anda akses dengan kombinasi tombol di atas. Windows + Kunci Shift + S.

Luncurkan aplikasi untuk tangkapan layar Windows 11 sebagai berikut.


Buka menu mulai dan kemudian klik Semua aplikasi Kemudian gulir atau ketik untuk menemukan Snipping Tool Perangkat lipat di bilah pencarian. Luncurkan dengan klik kiri.


Alat Pemotong Windows menawarkan variasi tangkapan layar berikut:


Modus Persegi Panjang: Gunakan mode ini untuk menyeret persegi panjang di atas area yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.


Mode jendela (mode jendela) Dalam mode berjendela, klik kiri untuk mengambil tangkapan layar jendela atau menu Windows 11.


Mode layar penuh: Gunakan mode layar penuh Snipping Tool kapan pun Anda ingin mengambil tangkapan layar dari seluruh layar.


Mode bebas genggam: Dalam mode freehand, Anda dapat menyesuaikan bentuk bagian layar yang ingin Anda tangkap.


Gunakan fungsi untuk mengambil tangkapan layar yang hanya muncul saat Anda menahan penunjuk tetikus atau mengarahkan kursor ke item menu, seperti menu tarik-turun. Penundaan Alat Pemotong. Ini memungkinkan kita untuk mengatur fungsi untuk memicu skrip setelah tiga, lima atau sepuluh detik.


Keuntungan utama alat Snap adalah berbagai pilihan pengeditan dan pemrosesan yang tersedia setelah snapshot dibuat. Anda dapat memotong gambar, menambahkan bookmark, menyimpan gambar atau membagikannya melalui email.


Tangkapan layar situs web


Opsi yang disediakan untuk mengambil tangkapan layar di Windows 11 nyaman jika Anda ingin menangkap bagian tertentu atau seluruh layar. Namun, jika Anda ingin mengambil tangkapan layar konten web dinamis atau seluruh situs web, Anda memerlukan ekstensi peramban khusus.


Anda dapat menggunakan ekstensi untuk browser populer seperti Google Chrome dan Firefox. tembakan api Dan Tangkapan layar yang luar biasa.


Setelah menginstal ekstensi pilihan di browser, Anda dapat mengonfigurasinya melalui tombol yang sesuai di bilah alamat dan menggunakan tangkapan layar seluruh situs web.


Berikut panduan cara screenshot Windows 11 di laptop atau PC desktop tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun. Semoga panduan ini bermanfaat.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share